Jalan-jalan 2 Hari di Barcelona

Kenapa jalan-jalan?

15 Maret 2018 adalah tanggal bersejarah buat gue. Hari itu, gue baru saja menyelesaikan presentasi untuk proyek terakhir gue di Alliance Manchester Business School. Sebuah proyek konsultasi bisnis dengan sebuah perusahaan IT multinasional yang berbasis di UK. Dengan selesainya presentasi tersebut, gue telah resmi menyelesaikan 3 proyek konsultasi bisnis bertaraf internasional. Gue bermaksud merayakan hal tersebut dengan jalan-jalan ke Barcelona.

Courtesy of mbs.ac.uk

Seputar visa ke Barcelona

Di cerita sebelumnya, gue sempat mengunjungi Munich (klik di sini untuk baca perjalanan gue ke Munich, klik di sini untuk lihat berbagai foto yang gue ambil di Munich) dengan berbekal visa Schengen. Visa Schengen ini juga dapat digunakan untuk masuk ke berbagai negara di Eropa, salah satunya Spanyol. Waktu mengajukan permohonan untuk mendapat visa Schengen, kita bisa memilih untuk mengajukan multiple entry atau single entry.

Gue waktu itu akhirnya dapat visa Schengen multiple entry dengan masa berlaku 1 bulan dengan durasi maksimum tinggal selama 15 hari. Artinya, gue boleh keluar masuk zona Schengen selama 1 bulan tapi gue gak boleh tinggal di sana dengan total lebih dari 15 hari.

Pesan tiket pesawat dan hotel

Tanggal 14 Maret, malam sebelum presentasi terakhir, gue mulai memantau harga tiket pesawat ke Barcelona untuk berangkat maksimal seminggu ke depan.  Masa berlaku visa Schengen gue bakal habis tanggal 21 Maret dan gue baru pakai 2 hari dari total 15 hari yang diperbolehkan.

Setelah lihat-lihat harga tiket pesawat, gue lumayan kaget juga pas lihat harganya yang lumayan mahal untuk durasi yang gue inginkan (tanggal 15 sore – 18 malam). Sempat terpikir untuk kembali ke rencana semula (jalan-jalan mulai tanggal 1 April) karena hal tersebut. Tapi akhirnya, setelah cari tiket murah di sana-sini (Google Flights, SkyScanner, dll), gue ketemu tiket dengan harga miring dan jadwal yang bagus. Setelah gue hitung-hitung, dengan tiket tersebut, gue bisa dapat 2,5 hari di Eropa. Berangkat tanggal 15 sore dari Manchester, transit di Zurich 1 malam, lalu terbang ke Barcelona dengan penerbangan paling pagi di tanggal 16. Setelah 2 hari penuh di Barcelona, gue lalu akan terbang dengan penerbangan paling pagi ke Zurich dan bisa jalan-jalan selama kurang lebih 1/2 hari (dari jam 8 pagi sampai sekitar jam 5 sore) sampai akhirnya gue harus terbang kembali ke Manchester. Seems like a good deal to me. Di cerita ini, gue akan fokus bercerita mengenai perjalanan gue di Barcelona. Cerita tentang Zurich akan gue simpan untuk tulisan selanjutnya.

Setelah menemukan tiket pesawat yang pas, langkah gue selanjutnya adalah meluncur ke booking.com untuk cek penginapan terdekat dari bandara Zurich. Begitu ketemu penginapan yang pas, gue langsung pesan dan bayar. Sebenarnya sempat juga terpikir untuk menginap di bandara Zurich, baik itu tidur di kursi bandara maupun tidur di hotel yang berada di dalam bandara. Tapi dengan berbagai pertimbangan, gue akhirnya mengurungkan niat tersebut.

Setelah mendapatkan penginapan untuk 1 malam di Zurich, gue langsung pesan tiket pesawat (Swiss Air) pulang pergi. (Pergi: MAN – ZRH, ZRH – BCN, Pulang: BCN – ZRH, ZRH – MAN).

Penerbangan sore dengan Swiss Air menuju Zurich

Berikutnya gue pesan penginapan di Barcelona lewat booking.com juga. Sebelum merencanakan perjalanan ini, gue sudah baca-baca berbagai informasi mengenai berbagai hal. Salah satu yang paling umum dikhawatirkan di Barcelona adalah mengenai keamanan. Bahkan gue sempat baca di booking.com kalau ada yang kehilangan barang di hostel tempat mereka menginap. Akhirnya gue memutuskan untuk mengikuti saran teman gue untuk jangan pesan hotel dengan rating di bawah 8.0.

Transportasi selama di Barcelona

Selanjutnya gue pesan kartu Hola BCN lewat internet. Ini juga hasil rekomendasi dari teman gue. Kartu ini merupakan kartu transportasi yang dapat digunakan di berbagai armada (bus, metro, tram, dll). Belakangan setelah gue sampai di Barcelona, gue baru tau akhirnya kalau bus yang menerima kartu ini hanya armada yang dioperasikan oleh TMB a.k.a. Transports Metropolitants de Barcelona.

Setelah pesan tiket Hola BCN online, kita cuma dapat kode yang kemudian dapat ditukar dengan tiket sungguhan di stasiun metro terdekat. Gue sempat berputar-putar di bandara lumayan lama untuk mencari cara untuk menukarkan tiket ini. Awalnya gue pikir mesin untuk menukar tiket ini ada juga di terminal bus yang berada di bandara. Tapi ternyata tidak demikian. Gue akhirnya membuka aplikasi Google Maps dan mencari Metro Station near me. Akhirnya keluarlah lokasi stasiun metro yang terdekat. Ternyata lokasinya berada di bandara dekat terminal 2. Di sana ada beberapa mesin tiket, tinggal pilih Bahasa Inggris lalu masukkan kode pemesanan Hola BCN di mesin tersebut, tiket akan keluar.

Kartu Hola BCN yang gue pesan berlaku selama 48 jam sejak pertama kali

Berbagai landmark dan tempat yang gue kunjungi

Berikut ini daftar landmark dan tempat yang gue kunjungi selama di Barcelona (buat yang mau lihat foto-foto lengkapnya, silakan klik di sini untuk melihat foto-foto Barcelona yang gue upload di album Google Photos):

Hari pertama (16 Maret):

9. Magic Fountain

Hari ke dua (17 Maret):

1. Park Guell
  2. Barcelona Museum of Contemporary Art (CCCB)
  3. Placa d’Espanya
  4. Camp Nou

Highlight

Koneksi internet hilang

Di hari ke dua, koneksi internet gue tiba-tiba hilang. Waktu itu gue baru selesai mengunjungi CCCB dan lagi di bus dalam perjalanan hendak menuju ke salah satu museum lain. Tiba-tiba gue ga bisa melakukan pencarian apapun di Google Maps dengan peringatan koneksi buruk. Karena enggan tersasar lebih jauh kalau gue meneruskan perjalanan dengan menggunakan bus, akhirnya gue turun di terminal terdekat. Selama 1 jam lebih gue berusaha untuk terus melakukan pencarian sembari berharap kalau masalah koneksi tersebut hanya sementara saja. Namun hasilnya nihil. Padahal hari sebelumnya gue sama sekali tidak mengalami masalah yang demikian. Buruknya koneksi internet tersebut berdampak fatal terhadap perjalanan yang gue rencanakan.

Untungnya terminal itu sangat dekat dengan stasiun metro. Setelah lihat-lihat peta, gue ingat dengan nama sebuah stasiun yakni Paral-lel. Setelah sampai di Paral-lel, akhirnya gue tanya sesama turis untuk menunjukkan arah ke penginapan gue. Untungnya gue ketemu sama 2 orang super baik bernama Hassir dan Sarai. Entah gimana tulisan atau nama sebenarnya, yang pasti begitu kedengarannya di telinga gue. Mereka akhirnya mengantar gue sampai ke dekat penginapan.

Di penginapan, gue curhat sembari ngomel dengan teman sekamar di hostel yang gue tempati. Dia lalu memberi saran untuk download peta kota Barcelona di Google Maps sehingga bisa digunakan untuk navigasi tanpa perlu menggantungkan diri sepenuhnya pada koneksi internet. Gue akhirnya mengikuti sarannya untuk download peta kota Barcelona. Untung di tempat gue menginap ini, internetnya super kencang dan stabil. Gak lama kemudian, gue nekat kembai melanjutkan perjalanan. Beberapa jam berharga sudah terbuang akibat gangguan internet tersebut. Gue langsung meluncur ke Camp Nou. Setelah selesai berkeliling di sana, gue bermaksud melanjutkan perjalanan mengunjungi Museu Nacional d’Art de Catalunya. Sayangnya begitu gue tiba di sana, jam operasional Museum sudah berakhir. Akhirnya cuma dapat foto gedungnya saja dari luar.

Ini dia penampakan museum yang akhirnya gak sempat gue kunjungi gara-gara permasalahan koneksi internet

Ada 2 tempat lagi yakni Port of Barcelona dan Montjuic Castle yang juga gagal gue kunjungi gara-gara koneksi internet. Namun menurut gue, hilangnya koneksi internet itu ada hikmahnya juga. Kejadian tersebut akan membuat gue makin berhati-hati saat mau jalan-jalan ke manapun, apalagi ke tempat yang sama sekali asing. Selalu download peta kota tujuan di Google Maps sebelum berangkat ke sana.

La Sagrada de Familia

Highlight lainnya dari perjalanan gue adalah melihat langsung kemegahan gedung La Sagrada de Familia. Melihat langsung kemegahan gedung ini merupakan salah satu alasan utama gue berkunjung ke Barcelona.

Foto La Sagrada de Familia dari seberang jalan

Seperti yang kita bersama, gedungya masih dalam tahap pembangunan. Katanya sih gedung ini bakal selesai tahun 2026.

Camp Nou

Untuk yang suka bola, terutama FC Barcelona, jalan-jalan ke Camp Nou pastinya bakal mengesankan. Di sini ada toko resmi FCB yang namanya FCBotiga Megastore. Di sini di jual berbagai merchandise resmi seperti jersey, dll. Di Camp Nou, ada juga museum FC Barcelona dan tour keliling stadion.

Begitu masuk gerbang ke Camp Nou, kita akan disambut dengan papan selamat datang ini
Penampakan stadion Camp Nou dari pinggir jalan
Masuk agak dalam ke dalam stadionnya, kita bisa lihat papan penunjuk ini
Ini foto panorama suasana di dalam FCBotiga Megastore

Kesimpulan

Setelah berkunjung ke sana, menurut gue Barcelona adalah kota yang indah. Penunjuk arah di Barcelona menurut gue lebih jelas dibanding di Munich. Untuk yang suka bangunan-bangunan indah dan sepakbola, terutama yang suka bangunan hasil karya Gaudi dan cinta mati dengan FC Barcelona, menurut gue Barcelona layak dikunjungi.

Sistem transportasi di Barcelona mudah digunakan dan penunjuk lokasi serta arah di sana juga jelas. Banyak hal gratis yang bisa kita lihat di Barcelona walaupun untuk menikmatinya secara detail tentu memerlukan waktu lebih dua hari. Jalanan di Barcelona sangat ramah untuk pejalan kaki. Di La Rambla, kita bisa berjalan kaki sembari melihat-lihat berbagai macam souvenir yang dijual di sana.

Di tulisan selanjutnya, gue akan cerita perjalanan gue ke Zurich, Liverpool, dan London.