Memberi Dampak Besar Lewat Hal Kecil

Kita hidup di era revolusi teknologi yang begitu cepat. Banyak sosok yang mengubah dunia berasal dari industri teknologi. Sebut saja Bill Gates yang mendirikan Microsoft, sebuah sistem operasi komputer yang saat ini dipakai di seluruh dunia. Steve Jobs dengan berbagai inovasi, idealisme dan perilaku nyentriknya berhasil membawa Apple jadi sebuah perusahaan yang memberi dampak luar biasa lewat berbagai perangkat elektronik. Mark Zuckerberg berhasil menjadi penguasa media sosial lewat website yang diciptakannya, dan sebagainya.

Berbagai kisah keberhasilan mereka tentunya menginspirasi banyak orang untuk mengikuti jejak mereka. Banyak orang ingin mencapai kesuksesan seperti Bill Gates, Steve Jobs, dan Mark Zuckerberg. Namun, yang tidak boleh kita lupa adalah, kita pun bisa memberi dampak lewat hal kecil yang kita lakukan secara terus menerus. Blog Gue Lagi Mikir sendiri sebenarnya dimulai dengan visi yang demikian.

Gue memulai blog ini di tahun 2015 bulan April. Sejauh ini sudah terbit 43 tulisan. Kalau dihitung rata-rata, setahun paling gue hanya menerbitkan 7 tulisan. Namun, secara akumulatif, ternyata tulisan-tulisan tersebut telah dibaca lebih dari 35 ribu kali.

Kalau waktu awal ngeblog, gue dibilangin sama seseorang kalau tulisan-tulisan yang gue buat akan dibaca lebih dari 35 ribu kali, gue pasti akan bilang kalau dia mengkhayal terlalu jauh. Tapi, lewat apa yang telah gue alami, gue makin mengerti bahwa hal-hal kecil akan besar dampaknya kalau dilakukan secara konsisten.

Sama seperti tetesan air yang terus menerus mengenai permukaan batu. Dalam jangka waktu pendek, 5 menit, 10 menit, sebulan, dua bulan, tetesan-tetesan air tersebut mungkin tampaknya tidak memberikan perubahan apa-apa pada permukaan batu tersebut. Namun jika tetesan air tersebut berlangsung selama bertahun-tahun, maka pada akhirnya permukaan batu yang sangat keras pun akan mampu ditembusnya.

Jadi, jangan menyerah. Walaupun apa yang kita lakukan sekarang nampaknya tidak memberikan hasil yang berarti, tetap lakukan. Tapi jangan juga terjebak pada cara yang itu-itu saja. Tetap berusaha bukan berarti melakukan hal yang sama berulang-ulang, tapi terus mencoba berbagai cara. Kalau cara A tidak berhasil, maka coba cara B. Hasil tidak akan mengkhianati usaha.

Tinggalkan komentar